Jumat, 28 Januari 2011

FOKUS: Adebayor, Solusi Atau Masalah Baru Madrid?

Atau striker asal Togo ini malah menjadi masalah baru di skuad Los Merengues?


Emmanuel Adebayor, Manchester City (Getty Images)
Galeri Foto
Perbesar
Emmanuel Adebayor, Manchester City (Getty Images)

Terkait

Tim

Figur

Real Madrid akhirnya mendapatkan striker baru. Bukan Miroslav Klose, Mario Gomez, Lisandro Lopez, Adam Szalai, Romelu Lukaku atau bahkan Ruud Van Nistelrooy, tapi Emmanuel Adebayor, penyerang nomor dua Manchester City setelah Carlos Tevez, Mario Balotelli dan Edin Dzeko.

Di luar dugaan memang, mengingat kualitas Adebayor di musim ini jauh menurun dibanding musim dua musim lalu, di mana dia masih membela Arsenal.

Terlepas dari kualitas Adebayor, muncul kemudian pertanyaan apakah penyerang asal Togo itu menjadi jawaban doa Jose Mourinho yang dihadapkan pada krisis penyerang.

Pertama, kita harus tahu dulu masalah yang ada di Real Madrid. Saat ini, hanya ada satu penyerang yang siap dimainkan sewaktu-waktu, yaitu Karim Benzema, dan satu lagi pemain yang 'dipaksakan' sebagai penyerang, Cristiano Ronaldo. Adapun Gonzalo Higuain tidak bisa dilibatkan dalam tim karena dibebat cedera serius dan bakal absen dalam waktu yang relatif lama.<script type="text/javascript" src="http://ad.doubleclick.net/adj/gna.id/level2;tile=2;sz=160x600;ord=489889?area=2l&pos=2&ord=489889"></script>

Untuk Benzema, Mourinho belum sepenuhnya percaya dengan kapabilitas pemain ini di depan gawang. Sedangkan Ronaldo, yang sudah mencetak 22 gol di La Liga Spanyol musim ini tak bisa seterusnya jadi andalan dan tumpuan dalam menjebol gawang lawan.

Ronaldo dan Benzema juga tak seterusnya bisa menjaga konsistensi performa mereka di level atas. Itu artinya Real Madrid memang membutuhkan alternatif lain untuk posisi striker. Di sinilah ada sosok Adebayor yang diharapkan bisa mengisi pos tersebut. Teorinya, Adebayor bisa menjadi penawar dari masalah di lini depan Los Merengues.

Namun, karakter Adebayor bisa menjadi masalah baru bagi tim, terutama dalam situasi di kamar ganti Real Madrid. Pemain berkulit hitam, atau berwarna, sediit sulit untuk membaur dengan pemain Real Madrid. Nicolas Anelka misalnya, yang gagal menampilkan penampilan terbaiknya selama di Santiago Bernabeu.

Masalah kedua adalah nilai gaji Adebayor yang luar biasa tinggi. Bahkan kabarnya, Adebayor berada di tempat ketiga sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di Real Madrid setelah kaka dan Ronaldo.

Situasi ini bisa menyulitkan tim karena kecemburuan pemain lain, mengingat mereka saat ini sedang berupaya meningkatkan nilai pendapatan mereka dengan kontrak baru.

Perihal komitmen Adebayor juga bisa menjadi masalah tersendiri, mengingat yang bersangkutan hanya akan bermain hingga akhir musim ini, meski El Real punya opsi memilikinya secara permanen musim depan.

Jadi, apakah Adebayor akan menjadi solusi atau malah menjadi masalah baru di Real Madrid? Kita lihat saja nanti....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar