Sabtu, 22 Januari 2011

Hasil Penelitian: Pemain Eropa Makin Tinggi, Cepat Dan Tua

Hasil penelitian menunjukkan pemain-pemain Eropa bisa mempertahankan produktifitas mereka di usia yang semakin bertambah, juga semakin cepat dan tinggi.

Philippe Mexes & Daniele De Rossi - AS Roma (Getty Images)
Galeri Foto
Perbesar
Philippe Mexes & Daniele De Rossi - AS Roma (Getty Images)

Terkait

Tim

Menurut hasil studi yang dilakukan di seluruh penjuru Eropa di dunia sepakbola, diketahui ada kecenderungan tingkat produktifitas pemain di usia yang semakin bertambah semakin tinggi.

Selain itu, hasil penelitian juga menyebutkan jika pemain Eropa saat ini rata-rata memiliki tinggi badan yang meningkat dan berlari lebih cepat.

Adalah Professional Football Players Observatory (PFPO) yang mengungkapkan hasil penelitian tersebut. Dari penelitian yang dilakukan pada lebih dari 13 ribu pemain di 534 klub di 36 kompetisi di Eropa, juga banyak hasil penelitian lain yang dipublikasikan.

Barcelona misalnya, di mana mereka menjadi tim dengan rata-rata pemain dengan badan yang tidak tinggi. Sedangkan Manchester United memiliki skuad yang lebih stabil. Sementara tim dengan pemain berusia tua secara rata-rata adalah Inter, bukan Milan seperti yang diidentikan sebelumnya.

Raffaele Poli, salah satu peneliti yang bermarkas di Universitas Neuchatel di Swiss, telah mengumpulkan data dari pesepakbola Eropa sejak 2005 dan mengatakan trennya berubah sejak laporan pertama dipublikasikan tiga tahun lalu.

"Kami melihat pemain yang berlaga di liga-liga besar menjadi lebih tua, lebih cepat dan semakin tinggi," ungkapnya kepada Reuters.

"Secara umum, lebih dari 45,7 persen pindah secara internasional selama karir mereka, tapi jumlah pemain yang bermain di klub di mana mereka berkembang menurun dari 26 persen tiga tahun lalu menjadi 23,4 persen."

"Juga ada peningkatan internasionalisasi di sepakbola Eropa dengan minimnya pemain bertahan di klubnya atau di negara di mana dia memulai karirnya. Besaran prosentasenya dari 26 persen tiga tahun lalu, kini hanya 23 pesen."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar