Minggu, 13 Februari 2011

CATATAN Liga Champions: Pesta Antarklub Eropa Dimulai Lagi


Liga Champions Eropa kembali bergulir pekan ini.

The UEFA Champions League Trophy(Getty 
Images)
The UEFA Champions League Trophy(Getty Images)

Setelah memfokuskan diri di kompetisi domestik selama 69 hari, 16 klub yang masih menjadi peserta aktif Liga Champions Eropa 'dipaksa' untuk kembali membagi konsentrasi mereka.

Ya, Liga Champions kembali bergulir pekan ini dengan pertandingan memasuki fase knockout pertama. Tim-tim unggulan pun mulai berjumpa untuk mencari keunggulan yang lebih baik untuk melangkah ke babak berikutnya.

Dari 16 kontestan, Inggris menjadi penyumbang terbanyak dengan empat tim masuk ke babak 16 besar, antara lain Arsenal, Chelsea, Manchester United dan Tottenham Hotspur. Penyumbang terbanyak kedua adalah Italia (Roma, Milan dan Inter) dan Spanyol (Valencia, Barcelona dan Real Madrid).

Jerman dan Prancis mengirimkan dua wakil, Schalke 04 dan Bayern Muenchen di kubu Jerman, dan Olympique Marseille dan Olympique Lyon. FC Copenhagen dan Shakhtar Donetsk menempati dua pos tersisa di babak 16 besar.

Untuk babak ini, ada delapan laga menarik. Bahkan di antaranya diprediksi akan menarik perhatian khlayak yang sangat banyak, karena basis massa yang dimiliki masing-masing klub.

Arsenal kontra Barcelona misalnya. Dari kelompok fans saja, kedua tim memiliki dukungan yang luar biasa. Sementara dari segi permainan dan komposisi tim, sepertinya tak ada yang meragukan jika laga akan berjalan menarik dan panas.

Inter melawan Bayern Muenchen juga bisa menjadi laga jaminan mutu bakal berjalan menarik. Siapa pun tahu jika laga ini merupakan ulangan final Liga Champions musim lalu. Apakah hasilnya akan sama? Kita lihat saja nanti, dengan Inter yang jadi tuan rumah pertama.

Sistem kompetisi masih akan tetap sama, dengan menggunakan sistem gugur dalam dua laga. Tim yang memiliki keunggulan agregate terbaik akan melenggang ke babak berikutnya.

Jadi, mari kita tunggu bagaimana jalannya pesta sepakbola Antarklub Eropa ini, dengan leg pertama akan dilangsungkan pada 16 dan 17 dan 23 juga 24 Februari dinihari WIB, sebelum dilanjutkan di leg kedua pada awal hingga pertengahan Maret 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar