Kamis, 10 Februari 2011

Pengamat: LPI Bisa Menjadi Kompetisi Kasta Kedua Menggantikan Divisi Utama


Superliga akan tetap menjadi kompetisi dengan kasta tertinggi di Indonesia.


Liga Primer Indonesia (LPI)
Liga Primer Indonesia (LPI)

Kompetisi Superliga Indonesia diperkirakan akan tetap menjadi kompetisi dengan kasta tertinggi di ajang sepakbola Indonesia, meskipun setelah kongres PSSI mengakibatkan perubahan struktur kepengurusan pada tubuh induk organisasi sepakbola tertinggi di Indonesia tersebut.

Menurut pengamat sepakbola dari Sulawasi Selatan, Yopie Lumoindong, Superliga merupakan produk resmi dari FIFA dan AFC, sehingga status Superliga sebagai kompetisi tertinggi di tanah air tidak dapat tergantikan.

"Banyak orang mengira LSI itu merupakan kompetisi bentukan PSSI, sehingga bisa saja diubah jika kepemimpinan berubah. Hal itu tentu tidak benar karena LSI merupakan produk dari AFC dan FIFA," jelasnya.

Yopie menjelaskan bahwa Liga Primer Indonesia (LPI) yang digagas oleh Arifin Panigoro tidak mungkin menjadi pengganti Superliga. Yopie beralasan bahwa untuk menyelenggarakan sebuah kompetisi profesional, yang diperlukan bukan hanya sportifitas tetapi juga membutuhkan legalitas.

Tetapi Yopie menambahkan bahwa status ilegal yang sekarang disandang kompetisi LPI dapat berubah menjadi legal setelah kepengurusan PSSI berganti. Hanya saja, kompetisi tersebut tetap tidak dapat menggantikan kompetisi Superliga saat ini, tetapi untuk menjadi kasta kedua menggantikan Divisi Utama masih memungkinkan.

"LPI bisa saja mengganti kompetisi Divisi Utama yang merupakan kompetisi kasta kedua. Peluang itu bisa terjadi jika sosok yang didukung pihak LPI pada kongres PSSI berhasil menjadi Ketua Umum PSSI yang baru," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar