Sabtu, 12 Februari 2011

Knopper: Sepakbola Indonesia Ganas


Richard Knopper menganggap bermain di Indonesia adalah petualangan luar biasa.

Richard Knopper, ADO Den Haag (foto ANP)
Richard Knopper, ADO Den Haag (foto ANP)

Hampir sebulan sudah eks gelandang Ajax Amsterdam dan ADO Den Haag, Richard Knopper, bermain untuk PSM Makassar.

Gelandang berusia 33 tahun itu sudah mengukir dua penampilan dan satu gol selama berkiprah di Liga Primer Indonesia. Kepada laman berita berbahasa Belanda, Sport Promotion, Knopper menceritakan kesan awalnya.

"Saya masih harus terbiasa," ujarnya.

"Pelan-pelan saya mendapati pengalaman tersendiri di sini. Ketika bermain di stadion, sebagian permukaannya tidak ditumbuhi rumput. Sepakbola di sini ganas, sangat ganas. Semua orang mengerahkan segenap kemampuan, tapi tidak memperhitungkan taktik. Pelatih kami punya banyak tugas."

"Fanatisme pendukung juga sangat luar biasa. Ketika saya mencetak gol, entah apa yang diteriaki fans. Beruntung saya tidak memahaminya, karena saya kira itu bukan nyanyian buat saya."

"Begitulah, saya masih membiasakan diri. Saya menganggapnya petualangan yang istimewa."

Knopper mencetak gol debutnya di Indonesia ke gawang Batavia Union pada pertandingan pekan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar