Selasa, 15 Februari 2011

PROFIL: Antonio Adan, The Next Casillas

Inilah kiper masa depan Spanyol dan Real Madrid.

Antonio Adan - Real Madrid (Getty Images)
Antonio Adan - Real Madrid (Getty Images)
 
Siapa bilang Real Madrid tidak memiliki pemain jebolan akademi sepakbola yang mantab. Antonio Adan bisa disodorkan menjadi bukti proses pembentukan pemain muda juga berjalan efektif.

Adan mencuri perhatian karena penampilan sensasionalnya kala Real Madrid menang 1-0 atas Espanyol dinihari tadi. Dia menggantikan Angel Di Maria untuk menempati pos Iker Casillas di bawah mistar gawang setelah kapten Real Madrid itu dikartu merah di menit kedua.

Adan langsung membuktikan jika kemampuannya menjaga gawang tak bisa dianggap remeh. Setidaknya lima penyelamatan krusial dilakukan di laga debutnya itu.

"Kehilangan kiper utama di menit kedua dan memberikan kesempatan pertama ke kiper lain adalah hal yang berat diputuskan. Tapi pemain menunjukkan penampilan yang fantastis," puji Jose Mourinho, pelatih yang cukup pelit memberikan pujian kepada pemainnya di Real Madrid seusai laga.Adan memang tampil luar biasa. Peluang yang dimiliki Jose Callejon cs bisa digagalkan dengan meyakinkan. Reaksinya juga bagus untuk pemain debutan.

Tapi, Adan sendiri sejatinya sudah menunjukkan bakat yang luar biasa sebagai penjaga gawang sejak masuk tim muda Real Madrid. Seperti halnya seniornya Iker Casillas, rekan jejak karir penyuka spaghetti itu juga sama.

Memulai karirnya di tim muda Real Madrid tahun 1997 hingga 2004, Adan akhirnya dipromosikan masuk tim Real Madrid C di musim 2005/06. Tampil di 36 laga, hanya 29 bola yang bisa masuk ke gawangnya.

Di tahun 2006, pemain yang memiliki cita-cita sebagai pemadam kebakaran atau penggiat IT itu juga masuk dalam tim yang melakukan lawatan tur ke Amerika Serikat. Di tahun itu juga Adan terpilih sebagai kapten timnas U-19 Spanyol yang menjadi juara di Piala Eropa U-19.

Di tahun 2006 juga penyuka warna kuning ini bergabung ke Real Madrid Castilla sebelum kemudian dipromosikan ke tim utama pada musim 2009/10 dan menduduki sebagai kiper ketiga di belakang Casillas dan Jerzy Dudek.

Dan debut Adan untuk Real Madrid terjadi pada 8 Desember 2010, di mana dia menggantikan Dudek di menit 44 di ajang Liga Champions melawan AJ Auxerre. Di laga itu Real Madrid menang dengan empat gol dan gawangnya tak kebobolan sama sekali.

Seperti halnya pemain profesional lain, Adan juga merasakan getirnya kekalahan, yaitu saat Real Madrid ditekuk 2-0 Levante di ajang Copa Del Rey. Untungnya Real Madrid mengantungi keunggulan 8-0 di pertemuan pertama, dan tetap lolos ke babak berikutnya.

Debut La Liga Adan terjadi dinihari tadi, dan dia menampilkan performa yang bagus, sekaligus memastikan kemenangan timnya atas Espanyol.

Uniknya, Adan dan Casillas banyak memiliki kesamaan. Keduanya sama-sama jebolan akademi sepakbola Real Madrid. Keduanya juga menjadi andalan timnas Spanyol dari u-15 hingga U-21. Untuk timnas senior Spanyol, Adan masih harus bisa menampilkan kemampuannya lagi. Adan sendiri menjadikan Casillas sebagai panutannya.

Jadi, Real Madrid sepertinya tak perlu khawatir kekurangan opsi penjaga gawang di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar